Selasa, 18 November 2008

Nasi Kuning Mama Aco..

Nasi Kuning..,

Pasti semua tau penampakan nya khan? nasi yang berwarna kuning tentunya, hahahahah

di setiap daerah, berbeda-beda penyajian nya.., ada yang pake sayur, ada yang pake mie goreng, dan lain-lain...,

Gw nau membahas nasi kuning yang berada di Sulawesi Utara umumnya, dan di Kotamobagu khususnya.

Secara umum, nasi kuning di SULUT, penyajian nya terdiri dari : Nasi Kuning, Lauk (Daging, atau Abon ikan), Laksa or Bihun yang dimasak dengan kecap, Kentang goreng, dan Bawang Goreng serta Kerupuk dan pastinya Dabu-dabu dari olahan cabe dengan gula merah!

untuk harga, tergantung lauk, jika memakai daging, pastinya mahal yah, kalo hanya Abon Ikan lebig murah jatuhnya. Di Manado sendiri, nasi kuning yang terkenal seantero jagat manado, adalah Nasi Kuning Seroja. dari jam sarapan sampe jam makan tengah malam, pengunjung tak henti-henti... hahahahaha!!

Nasi kuningnya di temani olahan Daging dan taburan kentang, bisa juga memesan yang berkuah jika mau merasakan sensasi kuah nya.., tapi gw milih makan yang gak pake kuah....,
Jika di bungkus, maka nasi kuning Seroja di paket di dalam daun Woka, sehingga kesegaran akan tetap terjaga. sekarang setiap restoran nasi kuning di manado, sudah membungkus nasi kuning dengan daun woka ini.., jadi trend dan unik kelihatan nya..

di Air port, pada jam sarapan, penumpang pesawat, sebelum naik pesawat, selalu sarapan nasi kuning dengan daun woka. something unique i think..!!

kalo untuk Nasi Kuning Favorite gw, gw pilih NASI KUNING MAMA ACO!! gw penggemar fanatik nya malah. Kok bisa ?, alasan gw jadi penggemar fanatik nasi kuning beliau (mama Aco) adalah karena gw dari SD kelas 2 sudah makan di Kantin Mama Aco!! hahahahahah.... dari SD, leher dan pencernaan gw udah terbiasa mencerna Nasi kuning nya, selama 5 tahun, setiap hari jam 10.00 wita (jam istirahat di sekolah) pasti gw dan temen-temen gw, menyerbu Kantin mama Aco untuk makan NAsi kuning!! dan di kantin beliau, bukan hanya nasi kuning yang ada, tapi mie kuah, pisang goreng, tinutuan (Favorit guru-guru gw) dan aneka cemilan lain nya.

Gw pengen ngambil gambar nasi kuning nya, nanti gw posting deh gambar-gambarnya..

Nasi kuning Mama Aco, terdiri dari Nasi Kuning tentunya, abon Ikan Cakalang, Bihun, Kentang goreng, dan Bawang Goreng. Simple, tapi rasanya..Ashoy..!!

menurut gw, rasanya gak berubah, dari gw berumur 7 tahun sampe sekarang udah mau 27 tahun, rasa nasi kuning itu, masih tetap sama!!

Abon ikan nya yang lembut, manis dan penuh bumbu, Bihun nya yang gurih, sensasi kriuk-kriuk dari kentang goreng dan Bawang goreng, ditambah dengan samabal yang pedes manis.. sungguh perpaduan sempurna!! gw biasa makan seporsi nasi kuning, ditambah Tahu goreng, di selingi Pisang sepatu goreng tepung 2 buah, dan pisang goroho gepe (pisang yang dijepit pada saat proses penggorengan sudah setengah masak, lalu di goreng lagi sampe masak) dan gw hanya membayar untuk kesemuanya itu, Rp.9000!! murah meriah!!

Mama Aco sudah setia melayani anak-anak sekolah di samping kantin nya, sudah puluhan tahun, konsisten dengan rasa, dan harga yang terjangkau untuk kantong anak SD sekalipun!!
dan kami anak-anak yang pernah di "Urus" nya membalas dengan kesetiaan!!
hari sabtu, gw sarapan nasi kuning di situ, dan selalu menjadi ajang reuni bagi teman-teman se SD dulu, yang sudah jauh dari kotamobagu, jika pulang kampung, pasti akan sarapan nasi kuning mama Aco dan akan ketemu dengan teman-teman se Sd dulu.

kami akan menggoda Mama Aco, bertingkah seperti ketika kami SD dulu, dan Mama Aco tetap menunjukan sikap Garang nya terhadap anak SD yang dulu dibentak nya dengan gaya dan nada yang sama, Makanan Enak, serta rewind masa SD, suatu perpaduan Kuliner dan Romantisme masa lalu yang sempurna.., adakah yang mengalahkan kesempurnaan itu?

Thank's Mama Aco..!!!

2 komentar:

Ika Nuri mengatakan...

Boy, ditunggu foto-fotonya ya. :)

Gue titip deh satu bungkus kalau kau sedang mampir dan berkunjung ke Jakarta. Oke!

fanghuajacklin mengatakan...

Soccer News, Scores, Previews, Predictions - Sporting 100
Sporting 100 has the best 문경 출장마사지 predictions 남원 출장샵 for soccer games for every team and every game, from our soccer experts to 목포 출장안마 our 토토 사이트 추천 Soccer 100 predictions. 이천 출장안마